Monday, 20 March 2017

Inilah Beberapa Pantangan serta Makanan Penyebab Asam Urat

Makanan penyebab asam urat - Asam urat adalah radang pada bagian sendi yang dapat menyebabkan sendi tiba-tiba terasa nyeri, perih, kaku, serta bengkak. Penyakit jenis ini diakibatkan karena penumpukan zat purin yang memicu asam urat dalam darah menjadi meninggi.

Penyakit asam urat disebabkan karena konsumsi terlalu banyak / sering bahan makanan yg mengandung purin. Jika kadar asam urat pada tubuh tinggi, akan berdampak juga pada ginjal yang tidak bisa lagi mengeluarkannya melalui urin, dan  akan menumpuk dipersendian. sehingga akibat yang di timbulkan ialah terjadi pembengkakan pada sendi  dan mengakibatkan nyeri, bagi anda yang memiliki asam urat tinggi, cara menurunkan asam urat ialah sebaiknya anda menghindari beberapa makanan penyebab asam urat.

Makanan penyebab asam urat
Kebanyakan orang berpendapat bahwa asam urat ini sebagai penyakit, akan tetapi pada hakekatnya asam urat adalah senyawa alami yg dihasilkan tubuh. Sejauh kadar asam urat masih normal, maka bukanlah suatu masalah. lain halnya Jika kadar asam urat pada tubuh menjadi tinggi, Hal inilah yang menjadikan terjadinya gangguan seperti gagal ginjal atau rematik. Asam urat ini sendiri terbentuk dari zat purin yang diuraikan kemudian disaring oleh ginjal. Sisanya dibuang melalui air seni. Jikalau kadarnya berlebih maka ginjal tidak dapat membuang asam urat tadi, dan akan berdampak pada peradangan sendi, maka dari itu jikalau anda ingin aman, anda harus tahu cara menurunkan asam urat tinggi atau setidaknya anda menghindari makanan penyebab asam urat di bawah ini.

Baca juga: Inilah Bahan Untuk Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan Yang Manjur dan Ampuh

Apa saja jenis makanan penyebab asam urat?


  • Bayam

Jenis makanan atau sayur yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bahkan sudah sangat familiar, tentu saja sayur dengan daun hijau yang mempunyai kandungan vitamin c, zat besi, beta karoten, luteins dan  flavonoid ini memang sangat digemari oleh kebanyakan orang, akan tetapi bagi anda yg mengidap penyakit asam urat, sayuran ini merupakan pantangan buat anda. Penyebabnya ialah bayam memiliki kandungan purin yg tinggi. pada 100 gram bayam, setidaknya memiliki kandungan 57 gram purin.


  • Fungi

Makanan penyebab asam urat yang selanjutnya adalah fungi. Alasannya sama dengan bayam, jenis sayuran ini memiliki kandungan purin yang relatif tinggi. pada 100 gram jamur sedikitnya mengandung 92-17 gr purin.


  • Asparagus

Yang berikutnya mungkin anda pun tak asing dengan sayuran yang satu ini. Asparagus yang populer umumnya disajikan sebagai sup. jenis sayuran ini selain dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin juga dapat dikonsumsi dalam keadaan panas setelah dimasak. namun Sayangnya, sayuran yang memiliki kandungan folat serta kalium yang tinggi serta punya kandungan purin tinggi juga sehingga bagi anda penderita asam urat  tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi.


  • Kembang kol

Kembang kol juga tergolong sayuran yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, bagi anda penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis sayuran ini. dalam 100 gr kembang kol mengandung 51 gr purin.

Dari berbagai macam jenis makanan penyebab asam urat di atas, selain dari jenis sayuran yang sudah disebutkan di atas ada juga beberapa kuliner yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat seperti:

Jeroan (usus, hati, paru, otak, limpa, serta sebagainya)
Kuliner laut (cumi-cumi, udang, sotong, tiram, ikan sarden, ikan teri, serta sebagainya)
Kalkun, angsa, bebek.
Kuliner sungai mirip ikan lele, kepiting, udang, serta belut
Es krim, krim, kuah daging maupun kaldu

Ekstrak daging (dendeng, abon)
Kelelawar, burung dan  sebagainya)
Buah (durian, air kelapa, nanas)
Kuliner protein tinggi dan  berlemak
Makanan yg pemasakannya menggunakan margarine
Kuliner bersantan Gorengan.
Kuliner kaleng (sarden, kornet, dll)
Daging sapi, kambing, kerbau, kuda, anjing, babi. 

Baca juga: Cara Mengatasi Ambeien Dengan Cepat dan Mudah Menggunakan Cara Alami

Setelah disebutkan beberapa daftar makanan penyebab asam urat, ada juga beberapa kuliner yang bermanfaat atau bisa juga di gunakan sebagai cara menurunkan asam urat, seperti:


  • Air putih

Air disini sangat berguna buat mengeluarkan asam urat serta racun-racun yang ada pada tubuh melalui air seni. Artinya Yang diperlukan untuk menurunkan kadar asam urat ialah meminum air putih, kira-kirar 10 sampai dengan 12 gelas perharinya.


  • Apel

Jenis buah yang satu ini selain memang rasanya yang enak juga mengandung asam malat yang bermanfaat menjadikan kadar asam urat kembali normal atau netral. komsumsilah buah apel ini minimal 1 butir perhari.


  • Kacang panjang perancis

Kuliner yang satu ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. adapun cara konsumsinya, silahkan anda mengejus kacang panjang prancis ini dan meminumnya secara rutin dalam sehari bisa 2 kali.


  • Ceri

Buah yang tergolong mungil ini juga mempunyai kandungan zat antosianin yang bemanfaat mencegah inflamasi atau peradangan. Antosianin sangat berguna dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, serta mampu mencegah asam urat mengkristal pada persendian. untuk mendapatkan hasil yang optimal anda harus mengkonsumsi buah ceri 200 gr dalam sehari.


  • Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dimana zat yang satu ini berguna sebagai pelarut asam urat alami. agar anda bisa mendapat hasil yang maksimal, minumlah air perasan jeruk nipis sehari dua kali. Ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan anda.


  • Ekstrak biji seledri

Pengobatan yang satu ini termasuk pada pengobatan tradisional rumahan yang telah populer untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh.


  • Buah berry

Buah berry, temasuk blueberry, stroberi, acai berry bersifat anti inflamasi atau anti radang sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena buah berry ini tergolong dalam buah yang banyak mengandung vitamin c.


  • Cuka apel

Selanjutnya cara menurunkan asam urat dengan memanfaatkan cuka apel, anda dapat menambahkan cuka apel sebesar tiga sendok teh ke dalam 8 ons air dan  dikonsumsi secara teratur, sehari sebanyak dua-3 kali.



  • Kacang pinto

Kuliner yang satu ini kaya akan kandungan asam folat sehingga bagus buat menurunkan kadar asam urat dengan cara yang alami. Selain itu biji bunga surya pun bisa anda masukkan pada hidangan makanan sehat anda.



  • Pisang

Buah dengan ciri khas warna kulit kuning dengan daging yang lembut ini sangat familiar dan sudah barang tentu tidak kalangan kita. Ternyata selain memiliki rasa yang enak, buah ini juga sangat baik dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari utamanya bagi penderita asam urat tinggi. Dibutuhkan 8 hingga dengan 9 pisang dalam 1 hari serta komsumsilah dalam kurun waktu 3-4 hari agar bisa dapat dengan segera merasakan manfaatnya.


  • Cokelat hitam

Salah  satu senyawa yang terkandung dalam cokelat hitam merupakan teobromin. Senyawa ini sangat bagus untuk menjaga kadar asam urat tetap normal dan stabil.


  • Ikan salmon

Siapa yang tidak tahu ikan salmon, ikan yang memiliki segudang kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. diantaraya ialah kandungan omega 3. hal ini sangat bagus untuk mengurangi radang serta bengkak pada persendian yang di sebabkan oleh asam urat.


  • Kentang serta jagung

Keduanya ini juga sangan baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Jika anda tidak bisa konsumsi mentah, maka bisa juga dengan cara di masak terlebih dahulu.

Baca juga: Sejuta Khasiat Teh Basi - Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit Serta Rambut Kita

itulah beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang sebaiknya anda hindari atau kurangi dalam mengkonsumsinya dan anda bisa beralih ke jenis makanan yang lain yang juga telah kami sebutkan di atas sebagai solusi atau cara menurunkan asam urat dengan mengkonsumsi bahan alami yang pastinya akan lebih aman dari pada mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia yang memiliki efek berbahaya bagi tubuh.

Load disqus comments

0 komentar