Monday, 16 January 2017

7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat daun kelor bagi kesehatan
Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang identik dengan hal-hal mistis. Biasanya menurut kepercayaan masyarakat jawa, daun ini di gunakan untuk menangkal atau menetralkan ilmu hitam dan sejeniasnya. Namun apapun itu, entah benar tidaknya hal tersebut, yang pasti daun kelor memang daun yang sangat bermanfaat buat manusia. Khususnya di bidang kesehatan. Berbagai jenis penyakit di yakini bisa di atasi dengan daun ajaib ini. Beberapa jenis penyakit yang bisa di atasi oleh daun kelor di antaranya adalah seperti yang kami rangkum berikut ini.

1. Anti Kanker

Antioksidan yang tinggi dalam daun kelor serta kandungan potasium yang banyak mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, telah dibuktikan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks bahwa ekstrak daun kelor mampu membunuh sel kanker sejak dini dan mencegah produksi sel-sel kanker tersebut. Peneliti terkemuka juga menyimpulkan bahwa daun kelor menjadi potensi pencegah alami dari sel kanker.

2. Merawat Jantung

Dalam suatu penelitian pada hewan dilaboratorium yang diterbitkan di ‘Journal of Medicinal Food’, daun kelor mampu mencegah kerusakan pada jantung dan memberi antioksidan alami untuk merawat kesehatan jantung. Penelitian tersebut membuktikan bahwa mengkonsumsi 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari dapat menghasilkan tingkat lipid lebih rendah dari lipid yang teroksidasi serta jaringan jantung akan terlindungi dari kerusakan struktural.

3. Anti Diabetes

Mineral alami yang dihasilkan daun kelor ternyata mampu meningkatkan produksi insulin untuk tubuh guna mengatasi diabetes. Insulin ini akan bekerja mengurangi kadar gula dalam darah yang tidak dapat dicerna karena gangguan pada produksi insulin. Jika insulin tidak diproduksi dengan baik, kadar gula dalam darah tidak dapat diubah menjadi energi malah menjadi suatu penyakit.

4. Mengatasi Sakit Mata

Ternyata daun kelor memiliki kandungan vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel. Ini dapat membantu anda untuk menutrisi mata jika tidak menyukai wortel. Selain menjaga kesehatan mata, daun kelor mampu mengatasi sakit mata. Caranya sangat mudah, anda dapat memakannya langsung atau membasuh mata dengan air rebusan daun kelor. Lakukan merendam mata hingga benar-benar sembuh.

5. Mengatasi Alergi

Jika anda memiliki suatu alergi, mengkonsumsi ramuan daun kelor dapat dijadikan alternatif alami untuk mengatasinya. Pertama rebus beberapa daun kelor, bawang merah, adas pulasari, dan air. Setelah mendidih, ambil airnya untuk dikonsumsi. Jangan meminum sisa bahan karena tidak baik untuk kesehatan. Minum setiap hari secara rutin.

Baca juga : Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah

6. Mengobati Rematik

Mengkonsumsi daun kelor ternyata juga mampu mengatasi rematik pada sendi. Daun kelor mampu mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi penumpukan asam urat yang menyebabkan rematik. Selain dikonsumsi, anda dapat menjadikan daun kelor sebagai obat luar. Caranya juga mudah, pertama tumbuk beberapa daun kelor dan kapur sirih hingga halus, setelah itu gosokkan pada bagian sendi yang mengalami rematik. Ramuan ini dapat mengurangi dan meredam rasa ngilu yang dihasilkan.

7. Menyehatkan Tubuh

Banyaknya kandungan yang dimiliki daun kelor ternyata tak hanya baik untuk kesehatan dalam tubuh melainkan luar tubuh pula. Kandungan potasium, Kalsium, vitamin C, A, protein dan lain sebagainya mampu mencukupi kebutuhan tubuh. Kulit akan terbebas dari jerawat dan jauh lebih halus. Selain itu daun kelor juga dapat dijadikan sebagai masker wajah. Tak terlewat juga rambut, dengan mengkonsumsi kelor rambut anda akan tampak lebih hidup, mengkilap, dan bercahaya.

Itulah ke 7 manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia, guna mendapatkan khasiat yang maksimal, konsumsi secara rutin dan teratur setiap hari.

Artikel bermanfaat lainnya :
Daftar asupan makanan sehat untuk ibu hamil
Cara memutihkan gigi secara alami
Beberapa Tips dan Cara merawat rambut rusak

Load disqus comments

0 komentar