Wednesday, 11 January 2017

Beberapa Tips dan Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Rambut rusak bisa disebabkan karena banyak hal seperti penggunaan produk rambut yang salah, perawatan yang salah atau karena seringnya terpapar polusi dan sinar matahari. Jika rambut yang rusak tidak segera dirawat dengan baik, maka kerusakan bisa tambah buruk dan tak menutup kemungkinan berkembang menjadi kerontokan.

cara merawat rambut rusakNah, untuk itu, sebaiknya anda menerapkan tips merawat rambut yang kami bagikan berikut ini dan telah terbukti hasilnya. 

Tips merawat rambut rusak

1. Hindari blow pengering rambut berlebihan

Bagi anda memiliki jenis rambut kering ada baiknya menghindari penggunaan hairdyer. Jikapun rambut anda basah karena keramas, sebaiknya dikeringkan dengan cara yang alami. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. 

Saat anda terpaksa menggunakan hairdyer guna memblow rambut, anda bisa menggunakan konditioner semprot untuk melindungi rambut dari kerusakan yang lebih parah.

2. Perawatan rambut saat di luar rumah

Tahukah anda jika cuaca memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam menentukan keindahan rambut seseorang? Ketika udara terlalu dingin atau saat matahari tengah terik-teriknya, hal ini berakibat pada keringnya rambut.. 

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan shampo dan konditioner yang secara khusus dirancang untuk rambut kering. Selain itu gunakan pula topi ketika keluar rumah, terutama saat kondisi cuaca sedang memburuk.

3. Rawat rambut saat akan tidur

Bukan hanya memperhatikan kondisi rambut ketika keluar rumah, anda juga diharuskan merawat rambut ketika akan tidur. Adapun caranya adalah dengan menggunakan boar-bristle brush. Menyikat rambut memiliki banyak manfaat dimana salah satunya adalah untuk menyebarkan minyak dari kulit kepala.

Bagi anda yang memiliki jenis rambut panjang, anda bisa memutar rambut menggunakan sanggul longgar lalu selipkan ke bagian ujung bawah dan kencangkan dengan jepit rambut. Sementara untuk yang berambut pendek, anda bisa tidur di atas sarung bantal sutra. Hal ini dilakukan untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada rambut. 

4. Memotong bagian ujung rambut yang rusak

Melakukan catok atau bahkan rebonding rambut dapat berakibat pada tidak beraturannya rambut. jikapun ada bagian rambut yang rusak, sebaiknya potong ujung rambut tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa meminta bantuan penata rambut untuk memotong rambut anda yang rusak. 

Baca juga : Tips memutihkan wajah secara alami dan cepat tanpa efek samping

5. Menggunakan masker alami untuk rambut

Masker rambut dapat digunakan untuk menutrisi rambut agar lebih sehat dan tidak mudah rusak. Masker rambut bisa dibuat sendiri menggunakan madu serta minyak zaitun dengan takaran sama satu sama lain. 

Campur kedua bahan ke dalam mangkuk kecil lalu gunakan untuk menggosok rambut secara merata. Gunakan plastik untuk membungkus rambut setelahnya selama tiga puluh menit.

Selesai menggunakan masker rambut, anda bisa mencuci rambut dengan shampo dan kondisioner. Untuk hasil yang baik, anda bisa menggunakan masker rambut sebulan sekali atau bisa pula setap minggu. 

Selain madu dan minyak zaitun, anda juga bisa membuat masker rambut dari telur. Adapun caranya adalah dengan menyiapkan 1 butir telur bagian kuningnya lalu campur dengan 1 sdm madu dan 3 sdm minyak zaitun. 

Setelah semua bahan tercampur anda bisa mengaplikasikannya pada rambut anda. Tutup rambut menggunakan shower cap dan bilas dengan shampo bayi setelah satu jam kemudian.

6. Menggunakan konditioner

Penggunaan kondisioner sangat disarankan bagi mereka yang memiliki rambut kering. Rambut kering sendiri dapat memicu kerusakan rambut sehingga harus segera ditangani. 

Penggunaan konditioner membantu anda mengganti serta melindungi minyak alami yang sering hilang dari rambut. Penggunakan kondisioner dapat dilakukan sebagai pelumas setelah mencuci rambut anda. 

Nah itu dia beberapa tips dan cara merawat rambut rusak secara alami yang kami rekomendasikan untuk anda. Selamat mencoba dan semoga mendapat hasil yang memuaskan.

Load disqus comments

0 komentar