Thursday, 27 October 2016

Cara Mengobati Gatal-gatal pada Kulit dengan Bahan Alami dan Tradisional

Cara mengobati gatal-gatal pada kulit - Untuk mengatasi gatal pada kulit, banyak orang memilih menggunakan obat krim atau obat bubuk. Namun sayangnya, bagi yang berkulit sensitif, penggunaan obat jenis ini beresiko membuat anda mengalami iritasi kulit. Terlebih jika obat gatal tersebut mengandung bahan kimia. Tidak heran jika kemudian, rasa gatal pada kulit justru bertambah ketika obat yang tidak cocok tersebut digunakan. 

Untuk menghindari hal-hal yang berpotensi memperburuk keluhan gatal pada kulit anda, sebaiknya gunakan beberapa bahan alami dan tradisional untuk mengatasi atau mengobati gatal-gatal pada kulit anda seperti yang kami rangkum berikut ini.

Obat alami untuk mengobati gatal-gatal

1. Lemon dan minyak kelapa

cara mengobati gatal-gatalBahan alami yang pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat gatal pada kulit anda adalah lemon dan minyak kelapa. Penggunaan lemon dan minyak kelapa merupakan salah satu cara ampuh dalam mengusir rasa gatal yang anda rasakan. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur perasan jeruk lemon ke dalam minyak kelapa. Untuk selanjutnya oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal. 

Setelah pengolesan selesai dilakukan, anda bisa membiarkannya selama satu malam dan tunggu hingga gatal-gatal pada kulit yang anda rasakan mulai menghilang. Kedua bahan tersebut sangat umum digunakan di lingkungan sekitar sehingga tidak akan membuat anda kesulitan dalam mencarinya. 

2. Petai cina

Cara mengobati gatal-gatal pada kulit yang berikutnya artinya memakai petai cina, petai cina merupakan salah  satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat gatal alami atau kulit kering dampak alergi. Penggunaannya relatif praktis yakni dengan menyiapkan petai cina sebesar enam puluh gram dan  sepuluh lbr daun sirih. Panaskan ke 2 bahan tadi ke dalam enam ratus cc air hingga mendidih.

Jika air rebusan sudah matang anda bisa mematikan barah kemudian tunggu sampai ramuan menjadi dingin atau hangat dan  siap dipergunakan sebagai obat gatal di kulit anda. Buat selanjutnya, oleskan air rebusan  tadi pada bagian kulit yg terasa gatal.


Bahan alami yang satu ini mempunyai poly khasiat bagi kesehatan dimana salah  satunya merupakan buat mengatasi rasa gatal pada kulit. Penggunaan kunyit bisa dilakukan menggunakan menyiapkan kunyit yg telah tua lalu tumbuk memakai adonan daun sambiloto hingga halus.

Sebelum anda menumbuk, sebaiknya kunyit dan  sambiloto terlebih dahulu di cuci hingga higienis. Hal ini dilakukan buat menghindari gangguan iritasi kulit yg lain. Bila telah, anda bisa mengoleskan akibat tumbukan pada kulit yang terasa gatal.

3. Kunyit 

Bahan alami yang satu ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dimana salah satunya adalah untuk mengatasi rasa gatal di kulit. Penggunaan kunyit bisa dilakukan dengan menyiapkan kunyit yang sudah tua lalu tumbuk menggunakan campuran daun sambiloto hingga halus. 

Sebelum menumbuk, ada baiknya jika anda pastikan kunyit serta sambiloto telah benar-benar anda cuci bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan iritasi kulit yang lain. Jika sudah, anda bisa mengoleskan hasil tumbukan pada kulit yang terasa gatal.

Baca juga :

4. Lidah buaya

Bagi anda yang mengalami gatal-gatal pada kulit disertai dengan bentol-bentol berisi cairan, anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya. Lidah buaya sendiri bukan hanya dikenal sebagai tanaman sehat untuk merawat rambut melainkan dapat pula digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit, entah gatal yang berair ataupun jenis gatal yang kering.

Penggunaan lidah buaya dalam mengobati penyakit gatal bisa dilakukan dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang gatal. Jika masih ada lidah buaya yang bersisa, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer untuk digunakan di lain waktu.

5. Tanah liat

Taukah anda Jika ternyata, tanah liat dapat dipergunakan menjadi cara mengobati gatal-gatal di kulit secara alami? Tanah liat dapat digunakan buat mengatasi iritasi kulit ataupun gatal yang diakibatkan sang gigitan serangga.

Penggunaan tanah liat bisa digunakan buat menarik racun-racun asal kulit sehinga rasa gatal ataupun sakit dapat lebih berkurang. Adapun caranya mampu dilakukan menggunakan mencampur tanah liat menggunakan air hingga berbentuk seperti selai kacang. Untuk selanjutnya anda mampu mengoleskannya di bagian tubuh atau kulit yang terasa gatal.

Demikian informasi mengenai cara mengobati gatal-gatal pada kulit secara alami serta tradisional yang bisa kami sampaikan. Perlu di ketahui, umumnya rasa gatal pada kulit mampu ada sebab banyak halnya seperti gigitan serangga, biang keringat, iritasi sampai alergi. Meski demikian, rasa gatal dapat jua timbul sebab suatu penyakit tertentu mirip penyakit ginjal ataupun kanker. Inilah kenapa terdapat baiknya anda mengetahui penyebab munculnya rasa gatal dari tubuh sebelum melakukan pengobatannya.


Load disqus comments

0 komentar